twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Social Icons

Pages

Senin, 27 Oktober 2014

RPP Pengukuran Resistor



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan     : SMK Maju Terus
Kelas/Semester         : X/2
Mata Pelajaran          : Menggunakan Hasil Pengukuran
Topik                        : Pengukuran Komponen Resistor
Waktu                       : 1 x 30 menit

A.     Kompetensi Inti SMK Muhammadiyah  kelas X:
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.     Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
5.     Definisi rangkaian dasar ohm  dapat dijelaskan
6.     Jenis dan macam – macam rangkaian dapat diuraikan dan dijelaskan
7.     Menjelaskan penggunaan Ohm meter dengan benar
8.   Bahan dan perlengkapan untuk rangkaian dasar ohm

B.     Kompetensi Dasar
2.1               Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2   Memiliki sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
2.3 Memahami tentang komponen pasif resistor,mengenal macam-macam resistor
 2.4 Mengenal dan dapat membaca kode warna dari sebuah resistor,menganalisa hambatan pada kawat.
2.5 Memahami konduktifitas dan reduktifitas komponen resistor  dan menganalisa pengaruh temperatur pada hambatan penghantar

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.    Terlibat aktif dalam pembelajaran pengukuran komponen Elektronika.
2.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.    Menjelaskan rangkaian dasar Ohm meter.
5.    Menjelaskan penggunaan ohm meter dengan benar 
  

D.     Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan praktek secara kelompok dalam pembelajaran pengukuran komponen eketronika inii diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Menjelaskan kembali pengertian fungsi komponen pasif resistor
2.    Menyatakan macam-macam resistor
3.    Mengenal dan dapat membaca kode warna dari sebuah resistor
4.    Menganalisa hambatan pada kawat penghantar
5.    Menganalisa pengaruh temperatur pada hambatan penghantar.

E.      Materi Ajar
A.           Resistor
1.       Resistor adalah komponen elektronika yang selalu dapat kita jumpai pada setiap rangkaian elektronika
2.       Bentuk, ukuran,bahan dan resistansinya beragam tapi mudah dikenali
3.       Resistor dalam teori dan praktek di tulis dengan huruf R
4.       Resistor atau hambatan banyak dipakai pada teknik listrik dan elektronika.
5.       Resistor dibuat dengan berbagai cara, misalnya; dibuat dari kawat tertentu (di antaranya nikelin) yang digulung sedemikian rupa dalam suatu kerangka.
6.       Dibuat dari keramik (semacam tanah liat) atau dari karbon yang disemprotkan pada keramik. Resistor semacam ini kurang  tahan terhadap temperatur sehingga hanya digunakan untuk arus yang kecil-kecil
B.      Macam-macam Resistor
Berdasarkan jenis bahan yang digunakan untuk membuat resistor di bedakan menjadi resistor kawat,resistor arang dan resistor oksida logam.
berdasarkan sifatnya resistor terdiri dari dua yaitu :
1.      Resistor  yang dapat diatur nilai hambatannya disebut variable resistor ,jenis komponen ini antara lain:
a. potensio meter;linier meter,logaritmis
b. trimer,potensio meter
c. hemoister;NTC,PTC
d.LDR,VDR
 
2.      Resistor yang tidak dapat diatur nilai hambatannya disebut resistor tetap.jenis komponen ini antara lain:
a. Metal film resistor
b. metal oksida film
c. Carbon film resistor
d. Ceramic Resistor(resistor keramik
C.     Kode Warna Resistor
      Hambatan  dari suatu resistor dapat dibaca langsung pada badannya, yaitu dengan melihat angka-angka yang ditulis langsung pada badan. Akan tetapi, yang paling lazim dengan cara memberi lukisan gelang-gelang berwarna (4 buah gelang) biasa disebut kode warna.










Gambar. Resistor dengan 4 Gelang dan 5 Gelang Warna.
Description: kode-warna-resistor        Description: resistor_color_code
Bagai mana pedoman pembacaan warna ?

D.     Hambatan Listrik pada Kawat Penghantar
                            i.           Logam yang elektronnya sulit bergerak akan sulit mengalirkan arus listrik. Logam demikian memiliki resistansi (hambatan) yang besar.
                          ii.           Logam yang elektronnya mudah bergerak akan mudah mengalirkan arus listrik. Logam demikian memiliki resistansi (hambatan) yang kecil.
                         iii.           Ada hubungan antara hambatan suatu kawat/penghantar dengan panjang kawat, luas penampang kawat dan jenis bahan kawatnya

E.      Konduktivitas dan Resistifitas
1.       Penghantar yang memiliki hambatan (R) besar,  daya hantarnya (G) kecil.
2.       Daya hantar (konduktivitas) adalah lawan dari hambatan (resistivitas)
3.       Jika perubahan nilai resistansi potensio sebanding dengan perubahan kedudukan kontak gesernya maka potensio semacam ini disebut dengan potensio meter linier
F.      Pengaruh suhu terhadap hambatan listrik.
1.        suatu resistor akan berubah nilai hambatannya apabila suhu disekelilingnaya berubah
2.        berdasarkan sifatnya terdapat dua jenis resistor yaitu :
3.        PTC ( Positive Temperature Coefficient) yaitu bahan yang nilai hambatannya bertambah  bila suhunya naik.
4.        NTC ( Negative Temperature Coefficient) yaitu bahan yang nilai hambatannya berkurang bila suhunya naik.

KOMPONEN PASIP                            KOMPONEN AKTIP
                        (BERSIFAT  RESISTOR)                  (MENGUBAH BESARAN & BENTUK)
   R             L            C                      DIODA        TABUNG    SEMIKONDUKTOR
                                                                                   
 Description: P5170011 Description: P5170018 Description: D:\Suryo\ELEKTRO\Komponen elektronika\Diodes_files\diocon.gif                                                 Description: D:\SURYO\Komponen elektronika\Transistors_files\trans.gif
Description: D:\Suryo\ELEKTRO\Komponen elektronika\Resistors_files\res5w.jpg   Description: P5170001Description: P5170007  Description: D:\Suryo\ELEKTRO\Komponen elektronika\Diodes_files\brect4.jpg                 Description: tetrode    

Resistor yang mempunya nilai tetap disebut fixed resistor
dan yang dapat diatur disebut variabel resistor.                                      Description: 1-3Description: vdiv1Description: ptc-resistor
               Dimensi resistor tetap                     . LDR                              PTC/NTC
Description: 53_lDescription: JML_Carbon_Film_Variable_Resistor_RM063_H3Description: JML_RM065_V1_Carbon_Film_Variable_ResistorDescription: vitreous-enamel-wire-wound-resistor-565786Description: U262R SERIES ORANGE

                            Resistor yang dapat diatur :petensio; tripot; geser
               
F.      Model/Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Ceramah
3. Tanya Jawab

G.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Salam pembuka; Doa, Presensi
2.  Memotivasi siswa
3.  Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
4.  Tanya jawab tentang  ketentuan yang berlaku dalam definisi komponen elektronika terutama resistor

5 menit
Inti
1. Eksplorasi
      Menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai
2.    Elaborasi
a. Siswa mendiskusikan prosedur dan K3 untuk komponen elektronika
b. Siswa mendiskusikan definisi tentang komponen elektronika terutama tentang resistor
c.Siswa mendiskusikan rancangan dan persiapan pengukuran komponen elektronika
d.Siswa mendiskusikan dan   pemeriksaan hasil pengukuran komponen elektronika
e. menyebutkan pengertian resistor
f. Menyebutkan kegunaan dan fungsi dari resistor dalam teknik listrik dan elektronika
g.Menyebutkan macam – macam resistor yang digunakan dalam bidang teknik listrik dan elektronika
3.   Konfirmasi
a.  Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b.  Siswa menanyakan masalah definisi komponen resistor sebagai komponen elektronika
c.  Siswa menyimpulkan hasil pengukuran

20 menit
Penutup
1.       Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana fungsi dari komponen resistor
2.       Dengan telah melakukan praktek pengukuran komponen resistor siswa dapat menjelaskan kegunaan komponen resistor dalam penggunaan sebagai komponen elektronika
3.       Guru memberikan kesimpulan tentang kegunaan dan fungsi resistor sebagai komponen eketronika.
4.       Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
5 menit

H.     Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.       Alat                  : Alat ukur Multi meter
2.       Bahan               : Bahan elektronika yang dapat diukur seperti resistor
3.                                                               Sumber Belajar: Buku Teknik Elektronika,buku teknik pengukuran,konsep dasar listrik dan elektronika dan sumber ajar lainya yang relevan  
I.        Penilaian Hasil Belajar
1.        Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.       Prosedur Penilaian:


No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam materi Pengukuran komponen elektronika.
b.       Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan dan sikap siswa
Selama pembelajaran dan saat melakukan praktek
2.
Pengetahuan
a.       Menjelaskan kembali pengertian fungsi dari komponen elektronika terutama resistor
b.       Menyatakan kembali hubungan antara komponen elektronika terutama resistor dengan komponen lainya seperti kapsitor, transistor dalam rangkaian listrik dan elektronika

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan fungsi dan macam resistor sebagai komponen eketronika

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat praktek



J.       Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes tertulis
A.            Soal
Jawablah dengan Singkat dan Tepat
1. Besarnya resistansi suatu penghantar ditentukan oleh …..
2. Mana yang paling buruk diantara besi, platina dan kayu, jika dipakai sebagai   penghantar?   Mengapa?
3. Apa Yang dimaksud Resistor?
4.Sebutkan macam-macam komponen resistor tetap
5.Sebutkan macam-macam komponen resistor variabel
B. Jawab
     1. Besarnya resistansi suatu penghantar ditentukan oleh ohm,kilo ohm dan mega ohm
   2. yang paling buruk Jika dipakai sebagai penghantar adalah kayu karena kayu termasuk bahan isolator atau sulit menghantarkan arus listrik
3. Resistor adalah komponen elektronika yang berfungsi sebagai penghambat atau hambatan dalam rangkaian elektronika
4.  – Metal film resistor
     -  Metal oksida resistor
     -  Ceramik encaset wirewound
5. – Potensio Meter
     - Trimer
     - hemoester;NTC,PTC










LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran


KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1
Mahmud Ana









2
Yuli Sukamto









3
Ernrni tri utami









4
Siti mashitoh









5
Sunardi









6
Servi Panimba









7
Marwiani









8
Sahlan









9










10











Keterangan:
KB        : Kurang baik
B          : Baik
SB        : Sangat baik


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
1.       Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran
2.       Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran tetapi belum tepat.
3.       Sangat terampill, jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST
1
Mahmud Ana



2
Yuli sukamto



3
Erni Tri Utami



4
Siti Mashitoh



5
Sunardi



6
Servi Panimba



7
Marwiani



8
Sahlan




Keterangan:
KT        : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil
Semarang,20 Oktober 2013
      Guru Pengampu

Abdul Khamid.ST







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar disini: